Apakah anda salah satu yang berencana dan tertarik membuka jasa laundry sepatu? Simak selengkapnya!

Sumber : Kompas

Jasa cuci sepatu pada hari ini, semakin hari perkembangannya semakin pesat dan jadi perbincangan khususnya di kalangan anak muda. Apalagi sejak tren sepatu sneaker/running sedang naik-naiknya ke permukaan di tahun 2014. Ini adalah momen terbaik sekaligus peluang bagi sebagian orang, untuk memanfaatkan momen ini dengan membuka jasa cuci sepatu sebagai kebutuhan.

Jika jasa cuci pakaian sudah menjamur di sekitar anda, maka tidak ada salahnya mulailah berani mengkhususkan usaha jasa cuci yakni jasa cuci sepatu. Apalagi jasa cuci sepatu biasanya bersifat long term, tidak akan meredup selama kebutuhan orang terhadap sepatu semakin meningkat. Selain itu sepatu juga menjadi gaya hidup bagi sebagian orang terutama di kota- kota besar. Tak heran, ada sebagian orang yang membeli sepatu dengan merogoh kocek harga selangit. Oleh karena itu, menyadari alas kaki yang mereka beli itu harganya selangit, maka perlu perawatan sepatu yang tidak sembarangan. Nah, jasa cuci sepatu adalah solusi praktis bagi sebagian orang agar kualitas sepatunya tetap terjaga.

Jasa cuci sepatu juga sangat diperlukan di masa kini, mengingat adanya pergeseran gaya hidup masyarakat khususnya di kota-kota yang besar. Aktivitas yang padat dan waktu luang yang sedikit mendorong mereka untuk mempercayakan kebersihan sepatunya kepada pelaku jasa cuci sepatu. Lalu jika ada berencana dan tertarik membuka jasa ini, bagaimana caranya ya?

  • Keahlian

Tidak hanya modal yang dibutuhkan, jasa cuci sepatu memerlukan juga keahlian khusus.  Anda  juga harus mempelajari seluk-beluk pengetahuan tentang perawatan sepatu yang baik mulai dari cara mencuci, caranya menyikat, sampai dengan mengeringkan dengan baik agar konsumen kita merasa puas. Perlu diketahui, cara merawat kebersihan sepatu pun berbeda-beda tergantung material atau bahan sepatunya. Selain itu, alat-alatnya pun seperti sikat, cairan-cairannya perlu anda pelajari betul-betul jika berencana membuka jasa cuci sepatu.

  • Mesin Pengering

Tidak semua sepatu itu cocok dikeringkan di bawah sinar matari, oleh karena itu peralatan ini sangat dibutuhkan.

  • Ikutilah pelatihan Shoe Cleaning

Poin ketiga sangatlah relevan, bila anda ingin membuka jasa cuci sepatu. Anda bisa mendapatkan informasi seputar cara merawat sepatu yang tepat, dengan mengikuti pelatihan ini. Pelatihan ini tentunya akan memberikan pengetahuan mengenai cara perawatan sepatu yang benar sampai peralatan yang dibutuhkan. Ini sangat penting sebagai upaya Anda untuk memberikan pelayanan terbaik pada konsumen anda.

  • Pelajari Material-material Sepatu

Anda juga perlu mempelajari material-material sepatu, bila ingin membuka jasa cuci sepatu. Hal ini menjadi penting untuk memilih penanganan apa yang sesuai dan cocok untuk sepatu pelanggan. Setiap sepatu memiliki cara pencucian yang perlu diperhatikan secara seksama

Keempat hal di atas merupakan poin- poin penting yang perlu diperhatikan bila anda memang sudah memiliki niat untuk membuka jasa cuci sepatu. Selain skill dan pengetahuan tentang bisnis yang akan anda jalani, perlu diperhatikan juga resikonya. Ya, setiap bisnis pastilah mempunyai resikonya, sama halnya dengan jasa cuci sepatu. Lalu apa resikonya? Lamanya proses pencucian sepatu menjadi kendala, dikarenakan jenis/ bahan sepatunya.

Jadi jangan heran bila menemukan pelanggan yang tidak sabaran menggunakan sepatu kesayangannya sebagai resikonya. Ini merupakan tantangan bagi Anda, menciptakan konsumen yang loyal terhadap bisnis jasa anda. Kedua, biasanya pelanggan yang menggunakan jasa cuci sepatu didominasi anak muda atau masyarakat kelas premium yang memiliki kesadaran betapa pentingnya merawat sepatu dengan benar. Oleh karena itu, bila niat anda sudah bulat, segeralah untuk memulai dan melakukan beragam inovasi yang kreatif untuk membangun konsumen yang loyal dan puas terhadap pelayanan jasa anda.

Perlu Bantuan ?